5 Tips Memilih Mobil Bekas Bebas Kerusakan

Faktor transportasi umum di Indonesia yang masih jauh dari kata mudah diakses serta nyaman memang tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu faktor sebagian besar orang memilih untuk membeli kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-hari. Sayangnya, tidak semua orang bisa membeli mobil yang diinginkan. Tingginya harga mobil mungkin tidak jarang membuat Anda berpikir dua kali. Bagi Anda yang memang sangat mendambakan sebuah mobil sebagai transportasi keseharian, ada cara mensiasati keuangan dengan cara mencari dan membeli mobil bekas.

Kualitas mobil bekas tidak selalu buruk

Meski hanya berupa mobil bekas, jika Anda mampu teliti dan tepat memilih mobil, ada kemungkinan besar Anda mendapatkan mobil yang bagus dan berkualitas. Apabila Anda memang berniat membeli dan mengincar mobil bekas yang berkualitas, Anda patut mencermati sejumlah hal berikut ini.

1)      Tempat Pembelian

Membeli mobil di showroom memang akan menyediakan banyak pilihan, tetapi Anda harus tahu langkah ini akan menjadikan perhitungan biaya pembelian lebih besar dibanding jika Anda membelinya langsung dari orang pertama. Membeli mobil dari tangan pertama akan membuat Anda lebih mendapatkan informasi kondisi perawatan dari mobil, khususnya jika penjual adalah orang yang Anda kenal. Oleh sebab itu, perhatikan tempat membeli mobil sebelum memutuskan untuk membawanya pulang.

2)      Eksterior dan performa mesin mobil

Pada bagian eksterior mobil, ada beberapa bagian mobil yang perlu Anda periksa sebelumnya. Bagian-bagian tersebut antara lain bodi, kaca, lampu, ban, hingga bagian kolong. Sementara untuk performa mobil Anda perlu mencoba dengan cara mengidupkan mesin mobil dan memperhatikan bunyi mesin dengan seksama. Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar, selain itu juga mudah di-starter. Lakukan test drive di jalanan jika memungkinkan.

3)      Kelengkapan surat

Surat-surat kendaraan merupakan hal krusial yang juga wajib Anda perhatikan saat hendak membeli mobil. Perhatikan dengan baik keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, Anda wajib memastikan bahwa mobil pilihan Anda memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli serta lengkap maka tentunya Anda lebih mudah untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

4)      Aksesoris dan Interior

Sejumlah komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu Anda cek terlebih dahulu antara lain bagian dashboard, setelan AC, karpet, hingga kualitas jok dan langit-langitnya. Bagian jendela juga tidak boleh luput, cobalah untuk menaik-turunkan kaca mobil. Cek juga  tombol wiper serta kondisi pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk memeriksa lampu sein, hazard, lampu depan, serta lampu rem.

5)      Asuransi Mobil

Tentunya apabila mobil bekas yang akan Anda beli mempunyai asuransi akan lebih baik. Tidak perlu khawatir, asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan pilihan Anda tersebut. Misalnya asuransi mobil Adira Insurance, yang menyediakan jaminan pada mobil Anda dengan fitur-fitur terbaik. Asuransi mobil Adira hadir dalam produk Autocillin, meliputi asuransi mobil all risk Adira maupun asuransi Total Loss Only (TLO) yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Sama halnya dengan berbelanja, teliti sebelum membeli merupakan hal wajib sebelum Anda membeli mobil bekas. Tujuan utamanya adalah menghindari Anda dari kerugian yang tidak perlu seperti kerusakan parah mobil bekas di masa mendatang. Dengan begitu, akan lebih menguntungkan juga bagi Anda menggunakan mobil tersebut baik untuk keperluan bisnis maupun sehari-hari.

Danur – Google

Leave a Comment